Syarat Pasir Berkualitas untuk Konstruksi Menurut SNI

Masalah yang paling sering dialami oleh permukaan dinding rumah adalah cat yang mudah mengelupas, retak, hadirnya noda bercak di sebagian besar area dinding atau plesteran yang tak menempel dengan sempurna. Memang ada berbagai penyebab lain yang mengakibatkan terjadinya permasalahan tersebut. Salah satunya disebabkan oleh pemilihan material pasir yang tidak tepat.
Lazimnya dalam pembuatan semen bangunan, pasir dicampurkan dengan semen dan air. Kemudian, campuran tersebut digunakan untuk membentuk konstruksi bangunan. Jika pasir di dalam adonan tersebut tidak berkualitas, maka jangan heran permasalahan tersebut dapat muncul di rumah Anda.
Untuk itu gunakanlah material pasir yang tepat guna mendapatkan rumah yang kokoh dan tidak mengalami banyak masalah pasca pembangunan.
Meski tidak murah, pemilihan material pasir yang tepat akan sangat berguna bagi rumah.
Material pasir yang baik adalah material yang tidak memiliki endapan lumpur, kotoran ataupun bahan-bahan lain yang dapat menimbulkan masalah untuk permukaan dinding. Berikut ini adalah beberapa syarat pasir dapat dikatakan berkualitas menurut Standar Nasional Indonesia (SNI) 03-6820-2002 :

0 komentar: